51 views
,5 / 5 ( 1votes )

Masridho.com – ,

Instalasi PC

INTISARI
INSTALASI PC

KOMPONEN-KOMPONEN YANG DIBUTUHKAN UNYUK PC
sebagai berikut :
1. Mainboard
2. Processor
3. RAM (SD RAM/DD RAM)
4. Disk Drive/Floppy disk
5. Hard disk
6. Casing yang memiliki power supply tinggi
7. CD ROOM/DVD ROOM read or write
8. Speaker
9. Keyboard
10. Mouse
11. Monitor
12. VGA
13. Soundcard

Setting BIOS
Basic Input Output system . Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. Program yang digunakan mikroprosesor untuk

Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.
Konektor fisik peripheral melalui port :

  • Serial
  • Paralel
  • PS/2
  • USB

Printer
Printer merupakan komponen output yang digolongkan sebagai Hard Copy Device. Yaitu merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya.

1. Dot Matrix Printers
Cara kerja printer ini dengan menghentakan printhead ke pita untuk membentuk karakter sebagai alat percetakan.
2. Inkjet Printers
Cara kerjanya dengan menyemprotkan cairan tinta
ke kertas.
3. Laser Printers Printer ini memiliki kecepatan yang tinggi deangan mengunakan serbuk yang dipanaskan

Prosesor
Prosesor (Processor, Central Procesing Unit), adalah bagian dari perangkat keras komputer yang dianggap sebagai “otak” komputer”. Alat ini menentukan sejauh mana kecepatan komputer melakukan instruksi. Kecepatan prosesor digambarkan dengan istilah clock cycles, saat ini kecepatan prosesor mutakhir telah berada pada kisaran GigaHertz. Beberapa produsen prosesor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. Sejauh ini intel masih menguasai pasar CPU.
Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data. Kecuali memori sekunder(hardisk), memori juga menyimpan instruksi komputer dari program yang sedang dijalankan. Terdapat beberapa jenis memori, berdasar tingkat kecepatannya, memori terbagi menjadi :

  1. Register
  2. Cache memory
  3. Main memory
  4. Memori sekunder.

Hardisk
Hardisk( hard disk drive(HDD), hard drive, hard file) adalah sebuah media penyimpanan yang bersifat non-volatile(data tidak hilang apabila komputer dimatikan).

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  , Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  berguna untuk anda.