Cara Merawat Ular Peliharaan

361 views

Masridho.com – Cara Merawat Ular Peliharaan, Cara Merawat Ular Peliharaan

Cara Merawat Ular Peliharaan
Setelah sebelumnya saya membahas mengenai ular peliharaan, kali ini saya akan lebih membahas tentang bagaimana cara merawat ular peliharaan. Cekidot!
Habitat
Dilihat dari habitatnya (tempat tinggalnya) ular dapat di golongkan bermacam-macam, ada yang di air, lembab, gurun, bahkan di pohon.


Pada umumnya ular yang berhabitat di air dan di gurun adalah ular beracun, jadi bukan ular untuk dipelihara. Lalu sekarang kita akan membahas tentang ular yang berhabitat di tempat lembab dan di pohon.

Bagaimana cara memindahkan habitat mereka ke skala yang lebih kecil untuk pemeliharaan? Jawabannya mudah saja. Ular yang berhabitat di tempat lembab, membutuhkan tempat kering dan basah yang cukup. Jadi, jika kita memelihara di sebuah box, pastikan box itu cukup luas untuk diberikan tempat kering dan tempat basah.
Lalu bagaimana dengan ular yang berhabitat di pohon? Itu juga mudah, berikan saja kayu sepanjang kandang ular yang akan dipakai untuk memelihara. Jika tidak ada kayu, bisa diganti dengan pipa paralon kecil sebagai pengganti kayu, dan jangan lupa diberi tempat minumnya, karena ularpun selalu butuh minum 🙂


Makanan
Makanan ular berbeda-beda, itu disebabkan karena tubuh dan perkembangan ular yang berbeda-beda pula.
Ular jenis python reticulatus (sanca kembang), saat masih bayi ukurannya hanya sekitar 40cm, dan makanannya hanyalah jenis tikus Rat ukuran baby. Tetapi saat ia dewasa, ukuran maksimalnya bisa mencapai 10m, dan mampu memangsa hewan yang besarnya 10x lipat dari besar kepalanya.

Tetapi, ular jenis Corn Snake atau King Snake saat masih bayi, ukurannya hanya sebesar sedotan plastik, dan ia biasanya hanya bisa memakan cicak kecil atau anak katak. Dan saat dewasa, ia hanya memakan bayi tikus jenis Mice (Mencit) yang biasa disebut Pinkies, karena ukuran maksimal Corn Snake atau King Snake dewasa hanyalah mencapai 50cm.

Dua aspek diatas adalah hal utama yang harus diperhatikan jika kita ingin memelihara ular, terutama jika kita masih pemula. Tetapi masih banyak aspek yang cukup penting untuk lebih mendalami tentang pemeliharaan ular, seperti penyakit ular, sifat ular, gen ular, dan masih banyak lagi 🙂




Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Merawat Ular Peliharaan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Merawat Ular Peliharaan berguna untuk anda.