Inilah 5 Jenis Makanan untuk Bayi 6 Bulan yang Kaya Nutrisi

79 views

Sejak bayi dilahirkan hingga usianya belum menginjak 6 bulan, kebutuhan nutrisinya dipenuhi dengan mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan secara eksklusif. Akan tetapi, setelah usia bayi menginjak 6 bulan, maka mulailah untuk memberinya makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang semakin banyak seiring bertambahnya usia.

bayi-6-bulan-alodokter

Mengenai jenis makanan pendamping ASI, terdapat kriteria yang harus dipenuhi, yaitu kebersihan, kandungan gizi, dan jumlah. Pemberian MPASI tersebut mempunyai perbandingan jumlah sebanyak 2:1 dengan jumlah ASI. Lalu, apa sajakah jenis makanan pendamping yang baik dan sesuai untuk bayi 6 bulan? Berikut ini merupakan 5 jenis makanan untuk bayi 6 bulan yang kaya akan nutrisi. Yuk langsung saja kita simak sama-sama.

  1. Bubur

Tekstur bubur yang lembut memudahkan bayi dalam mengonsumsinya, sehingga banyak dipilih sebagai MPASI. Anda dapat memberikan bubur home made ataupun bubur kemasan. Namun, bubur buatan sendiri lebih recommended karena jauh lebih higienis. Selain itu, bubur tersebut terjamin kandungan gizinya dengan menambahkan beberapa jenis sayuran. Akan tetapi, apabila Anda memang ingin memberikan bubur kemasan, Anda dapat memilih produk yang terpercaya dan terjamin kualitas gizinya.

  1. Sayuran Hijau

Bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya dapat diberikan untuk memenuhi asupan gizi seimbang. Kandungan asam folat dan seratnya mampu meningkatkan kecerdasan bayi dan memperlancar sistem pencernaannya. Anda dapat mencampurkan berbagai jenis sayuran hijau ke dalam bubur atau dibuat sup. Anak kecil memang seringkali tidak menyukai sayuran hijau, namun jika Anda membiasakannya mulai dari sekarang dan mengolahnya dengan baik, maka anak pasti akan terbiasa.

  1. Buah-Buahan

Selain sayuran dan bubur, Anda juga dapat memberikan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Alpukat, jeruk mandarin, mangga, merupakan beberapa jenis buah bervitamin yang dapat dikonsumsi. Anda dapat mengolahnya menjadi sup buah. Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan susu bayi atau sereal lembut ke dalam sup buah.

  1. Labu Kuning

Labu kuning merupakan sumber gizi yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi usia 6 bulan. Kandungan vitamin A di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, sedangkan vitamin C-nya dapat menghindarkan dari dehidrasi. Kukus labu kuning ini hingga lembut dan berikan pada bayi.

  1. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, memberikan wortel kepada bayi secara teratur merupakan langkah yang paling tepat untuk membantu tumbuh kembangnya. Haluskan wortel tersebut dalam bentuk jus serta sebagai campuran bubur atau sup.

Demikianlah beberapa jenis makanan untuk bayi 6 bulan. Anda dapat menjadikannya menu keseharian dengan berbagai inovasi penyajian, demi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Jangan lewatkan periode emas tumbuh kembang bayi dengan mengoptimalkan pemberian berbagai nutrisi penting.

Leave a reply "Inilah 5 Jenis Makanan untuk Bayi 6 Bulan yang Kaya Nutrisi"