Tips Mencuci Baju Olahraga Agar Tidak Mudah Luntur

626 views

Sebagian banyak diantara wanita memiliki kecenderungan untuk mengikuti trend fashion yang ada, tak hanya untuk pakaian kantor saja, melainkan juga jenis-jenis busana yang lainnya, salah satu diantaranya adalah untuk baju olahraga. Olahraga entah itu senam, jogging atau yoga menjadi salah satu jenis yang banyak diminati oleh kaum hawa, karena mudah dilakukan dengan hasil yang juga sesuai. Sejalan dengan hal tersebut produsen juga senantiasa menciptakan produk-produk pakaian olahraga yang tak hanya memiliki fungsi untuk memberikan kenyamanan dan mencegah cidera saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih menarik.

418044_0bda4a02-4a01-11e5-9f27-8beb49bc7260

Memilih baju yang dipakai untuk kebutuhan olahraga agaknya memang tak semudah yang dibayangkan, selain melihat dari segi tampilannya saja, maka juga harus mempertimbangkan kualitas dan kenyamanan. Pilihan busana yang nyaman untuk kebutuhan olahraga hendaknya memiliki kain yang lentur, kemudian ringan dan harus memiliki daya serap yang tinggi terhadap keringat. Hendaknya juga memilih pakaian untuk kebutuhan olahraga yang mudah dirawat.

Karena digunakan untuk menyerap keringat terkadang menyebabkan pertumbuhan jamur yang lebih banyak jika tak dirawat dengan baik. Untuk itu ketahui bagaimana cara merawat baju olahraga yang tepat berikut ini:

  1. Sebaiknya langsung dicuci selepas dipakai, jangan menunggu hingga beberapa hari untuk kemudian dicuci dengan pakaian yang lainnya, karena patut diketahui bahwa pakaian olahraga yang menyerap keringat dalam jumlah banyak sangat mudah untuk berjamur. Untuk itu usahakan langsung mencucinya selepas dipakai, jangan menunggu hingga kering karena akan menyebabkan aroma kecut atau bau menyengat.
  2. Gunakan detergen yang lembut, pemilihan detergen juga sangat penting, jangan pakaian produk detergen dengan fungsi pemutih, karena hal ini bisa menyebabkan warna mudah sekali luntur, hendaknya pilih detergen yang lembut sehingga mempermudah dalam menghilangkan noda saja, tanpa menyebabkan warna pudar.
  3. Cuci dengan menggunakan tangan, hindari mencuci dengan memakai mesin, apalagi untuk jenis baju yang terbuat dari bahan subber, karena pencucian dengan menggunakan mesin akan membuat pakaian tersebut menjadi melar. Cukup dengan mencucinya menggunakan tangan saja.
  4. Proses pencucian mulai dengan merendam baju dengan menggunakan air bersih dan juga detergen, jika kondisinya sangat kotor hendaknya pisahkan antara pakaian yang berlumpur dengan yang hanya kotor karena keringat saja. Setelah direndam selama kurang lebih 15 menit kemudian kucek menggunakan tangan, khususnya pada area-area yang kotor tersebut. Setelah itu bilas sampai bersih dan jemur.
  5. Proses penjemuran lakukan dengan membalik pakaian antara bagian dalam dan juga luar, bagian dalam hendaknya dikeluarkan, sehingga yang terkena paparan sinar matahari adalah bagian dalam dan bagian luarnya warna tidak kusam. Jangan jemur secara langsung di bawah sinar matahari.
  6. Khusus untuk penyimpanan sebaiknya dilakukan dengan cara melipatnya, jangan digantung apalagi pada jenis kain yang melar. Sedangkan untuk menyetrika pakaian olahraga yang tidak dilengkapi dengan sablon bisa dilakukan secara langsung. Khusus untuk pakaian yang bersablon di setrika dengan melapisi menggunakan selembar kain. Sehingga bagian yang bersablon tidak rusak. Untuk celana legging atau training olahraga sebaiknya disetrika menggunakan suhu rendah, sehingga tidak mudah melar, berlaku juga untuk celana berbahan dasar rubber.

Mudah bukan, model-model terbaru baju olahraga bisa Anda lihat secara mudah lewat toko online. Anda juga bisa melihat-lihatnya langsung di beberapa toko olahraga. Pilihlah yang tak hanya bagus modelnya melainkan juga nyaman.